Amalan Utama Malam Lailatul Qadar

 Amalan Utama Malam Lailatul Qadar – Kita memang tidak akan tahu pasti kapan datangnya malam Lailatul Qadar itu.  Namun alangkah baiknya bila kita lebih meningkatkan dan memperbanyak amalan-amalan  ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan barokah ini.  Mengapa harus demikian ?  Sebab ibadah yang dilakukan saat bulan Sucia Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat dibanding dengan bulan-bulan biasa lainnya.

Penting sekali untuk kita ketahui bahwa ada beberapa amalan utama yang bisa dikerjakan saat bulan Ramadhan, khususnya saat datangnya malam Lailatul Qadar. Amalan yang baik memang tidak perlu waktu atau momentum, kapan saja bisa kita lakukan. Namun jika sobat mengerjakannya saat malam Lailatul Qadar, akan lebih mendapatkan banyak pahala, maka inilah Amalan Utama Malam Lailatul Qadar yang dapat Sobat kerjakan.

  1. Membaca Al-Qur’an
Membaca Al Quran (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Membaca Al Quran (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Sebagai umat Islam tentu tidak asing lagi dengan membaca Al-Qur’an.  Namun di bulan Ramadhan ini, tentu harus diperbanyak lagi bacaan Al-Qur’annya, terlebih saat datangnya malam Lailatul Qadar.  Insya Allah jika kita yakin, ikhlas dan penuh dengan ketulusan melakukannya maka pahala membaca Al-Qur’an akan berlipat-lipat.  Apalagi jika disertai dengan membaca arti dan meresapi maknanya, dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari, hal itu akan jauh lebih afdhol.

  1. Dzikir di Masjid
Dzikir di Masjid (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Dzikir di Masjid (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Kalau biasanya setelah sholat kita langsung bergegas meninggalkan masjid, namun kali ini upayakan agar sobat tidak terburu-buru meninggalkan masjid sebelum melakukan dzikir. Dengan berdzikir, maka hati akan semakin tenteram dan tenang.  Berdzikir lebih lama akan membuat kita semakin lebih tenteram. Terutama setelah sholat malam, berdzikir sangat diutamakan, karena berdzikir sama dengan berdoa.

Baca Juga : Tips dan Trik Berdoa

  1. I’tikaf di Masjid
Iktikaf Di Masjid (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Iktikaf Di Masjid (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Pada saat bulan Ramadhan, alangkah baiknya bila kita lebih dekat dengan masjid. Dekat yang  dimaksud disini adalah memperbanyak aktifitas di dalam masjid, misalnya melaksanakan sholat, dzikir, tadarus dan I’tikaf.  Kita bermunasabah kepada Allah, meminta dan memohon keberkahan umur dan keselamatan dunia akhirat.  I’tikaf ini bisa kita laksanakan usai sholat dzuhur atau setelah tadarusan, dimana susasana masjid pada saat itu terasa tenang.

  1. Beribadah Sepanjang Malam
Beribadah Sepanjang Malam (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Beribadah Sepanjang Malam (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Setelah selesai tadarusan sobat bisa tidur terlebih dulu sebentar. Kemudian  pada tengah malam nanti sobat bangun untuk melaksanakan sholat malam.  Jangan bermalas-malasan, saat malam lailatul qadar, karena malam Lailatul Qadar tidak diperuntukkan untuk orang-orang yang malas.  Sebaliknya, mereka yang rajin beribadah di sepanjang malam dan tidak pilih-pilih, insya Allah akan mendapatkan malam Lailatul Qadar. Sahabat Ibnu Mas’ud Radhiallahu ‘anhu pernah memberikan nasihat tentang Malam Lailatul Qadar, kemudian beliau berkata, “Siapa saja yang sholat malam sepanjang tahun, dia akan mendapatkannya.” (HR. Ahmad dan Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Alban)

  1. Perbanyak Bertaubat (Memohon Ampun)
Memohon Ampun (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Memohon Ampun (Amalan Utama Malam Lailatul Qadar)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh pengampunan. Jadi perbanyaklah memohon ampunan kepada Allah SWT dengan disertai memperbanyak ibadah akan lebih afdhol. Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan. Apalagi kita memohon ampun saat malam Lailatul Qadar datang, Allah akan mengampuni dosa-dosa kita bahkan kita akan mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Baca Juga : Gambaran Keindahan Surga

Nah….. itulah sobat, beberapa Amalan Utama Malam Lailatul Qodar, semoga kita termasuk hamba Allah yang dapat berjumpa dengan malam Lailatul Qadar. Amiin…