Cara Membagi Waktu Kerja Sampingan

Cara Membagi Waktu Kerja Sampingan

Kerja Sampingan 2

Kerja Sampingan 2

Mendapatkan penghasilan tidak harus melelaui satu pekerjaan saja. Banyak pekerja kantoran dengan gaji tetap setiap bulan mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang lain. Menjadi seorang pekerja kantoran tidak lantas membuat mereka kehilangan akal sehatnya untuk menambah penghasilan yang lain dengan cara mencari kerja sampingan. Kebanyakan para pekerja kantoran yang sudah mendapatkan penghasilan tetap melakukan kerja sampingan karena mereka ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Mereka merasa bahwa penghasilan tetap yang telah mereka dapatkan masih belum mencukupi kebutuhan, sehingga mereka mau melakukan kerja sampingan. Selain itu ada juga yang memiliki pekerjaan sampingan untuk menyalurkan hobi atau keterampilan yang tidak terpakai di kantor dimana mereka bekerja. Adapun alasan paling akhir mengapa banyak pekerja kantoran atau perusahaan yang kemudian memiliki pekerjaan sampingan adalah karena mereka ingin melihat pekerjaan mana yang lebih besar memberikan penghasilan. Apabila kerja sampingan yang dilakukan menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mereka pun tidak harus melanjutkan pekerjaan sebagai pegawai kantoran yang terikat dengan jam kerja serta deadline.

Kerja sampingan yang ada pun beragam, mulai menjadi freelance writer, membuka katering makanan, hingga bisnis online. Dengan bermacam-macam kerja sampingan yang ada, kita dapat memilih sesuai waktu yang kita miliki. Jangan sampai, pekerjaan sampingan malah mengganggu pekerjaan yang sudah menjadi rutinitas kebiasaan wajib bagi kita. Bukti nyata di lapangan pun membenarkannya, mereka yang memiliki dua pekerjaan tidak bisa mengatur dengan baik waktunya. Pekerjaan wajib yang sudah jadi kebiasaan sehari-hari menjadi terganggu akibat kerja sampingan yang dimiliki. Sesungguhnya hal ini dapat diatasi bila kita bisa mengatur dengan baik waktu serta prioritas kita. Apabila kita sudah memiliki komitmen untuk melakukan dua pekerjaan, maka yang musti dilaksanakan adalah membagi waktu dengan baik. Tentunya pekerjaan yang satu tidak boleh mengganggu pekerjaan yang lain. Dalam artikel ini kemudian akan dibahas tentang cara membagi waktu untuk kerja sampingan, berikut adalah ulasannya:

Miliki prioritas

Ketika kita memiliki dua pekerjaan, maka yang harus dilaksanakan sejak awal adalah membikin daftar skala prioritas. Pekerjaan mana yang musti dilakukan terlebih dulu dan mana yang bisa dikerjakan belakangan. Skala prioritas menjadi sangat penting buat kita, sebab kita mempunyai dua pekerjaan yang mewajibkan kita untuk melaksanakannya dalam waktu yang bersamaan. Jangan sampai kita tidak bisa memilah-milah pekerjaan yang harus dilakukan pertama yang pada akhirnya membuat kita kelimpungan dan kebingungan dalam melaksanakan pekerjaan yang lain.

Mencicil pekerjaan

Setelah memiliki prioritas atas pekerjaan yang dilakukan, kita harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Saat kita memiliki waktu senggang, maka lebih baik kita gunakan buat mencicil pekerjaan agar pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan besok menjadi agak ringan. Dan hal inipun membawa keuntungan, yaitu dengan tercicilnya pekerjaan yang satu, maka kita memiliki waktu lebih untuk konsen ke pekerjaan yang lain.

Hindari menunda pekerjaan

Kita dalam bekerja pasti pernah menghadapi kebosanan dan kelelahan. Lebih-lebih bila kita memiliki dua pekerjaan sekaligus. Bersantai pun menjadi pilihan untuk penyegaran otak. Namun, yang pasti terjadi ketika kita mengambil waktu untuk bersantai, kita akan menunda waktu bekerja demi menambah waktu bersantai kita. Dengan menunda waktu kerja demi bersantai inilah yang kemudian menjadi pemicu tidak selesainya pekerjaan-pekerjaan kita. Sebagai orang yang memiliki rangkap pekerjaan, kita pun harus mampu membagi waktu dengan baik antara pekerjaan pertama, kedua, dan waktu untuk menghibur diri sendiri.

Pilih kerja sampingan yang sesuai dengan pekerjaan utama kita

Dari kesemua cara yang ada, cara keempat ini merupakan langkah awal yang harus diperhatikan ketika kita tidak ingin kerja sampingan mengganggu kerja utama kita. Dengan memilih kerja sampingan yang akan dilakukan, maka kita bisa menilai apakah nantinya pekerjaan tersebut sesuai dengan waktu yang dimiliki atau tidak. Kita juga dapat membuat jadwal prioritas dengan mudah jika kerja sampingan yang akan dilakukan memang sesuai dengan waktu yang dimiliki. Sehingga situasi kepepet akibat rangkap pekerjaan pun dapat dihindari.

Apabila anda saat ini memiliki dua pekerjaan yaitu pekerjaaan utama dan kerja sampingan ternyata masih bingung untuk membagi waktu, maka cara-cara di atas bisa anda lakukan.

Selamat mencoba Cara Membagi Waktu Kerja Sampingan.

.