Ide Kerja Sampingan Lain Untuk Karyawan

Ide Kerja Sampingan Untuk Karyawan Dengan Modal Kecil

Kerja Sampingan sampingan 2

Kerja Sampingan sampingan 2

Kerja sampingan untuk karyawan adalah sesuatu yang wajar dan diperolehkan oleh siapapun. Akan tetapi, banyak karyawan yang belum berani memulai Kerja sampingan sebab alasan modal.

Tidak sedikit juga karyawan yang berasumsi kerja sampingan harus memiliki modal besar untuk menjalankannya. Jadi tidak heran, Sebagian dari mereka berusaha meminjam uang ke bank sebagai Modal Kerja Awal. Besar kemungkinan, bila kerja sampingan itu tidak dikelola dengan benar dan baik, pinjaman tersebut akan membebani Kerjanya. Ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres dan pusing karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut.

Akan tetapi berita baiknya, Anda bisa menjalankan Kerja sampingan dengan modal kecil. Berikut beberapa ide Kerja Sampingan yang perlu modal kecil  untuk segera memulainya.

  1. Membuat Warkop (Warung Kopi) Sederhana

Ide kerja sampingan lain yang bisa Anda coba adalah membuat warung kopi (warkop) sederhana. Kerja sampingan ini sangat cocok bila lokasi rumah Anda atau tempat yang Anda sewa terletak di seputar kampus atau kawasan industri.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, usaha warkop sangat menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh bisa berlipat-lipat. Sebagai contoh, modal segelas kopi adalah Rp 2.000 dan Anda menjualnya seharga Rp 4.000. Disamping itu, Anda juga bisa menjual makanan dan minuman lain, seperti jus, teh manis, gorengan dan mie instan rebus/goreng. Cukup Menarik bukan ?

Tak hanya itu, warkop sederhana ini bisa Anda perbesar nantinya jika omsetnya terus bertambah.   Berapa modal yang diperlukan untuk memulai Kerja sampingan warkop sederhana ini ? Anda bisa memulainya dengan modal Rp10 juta. Uang tersebut sebagian besar dialokasikan untuk membeli sejumlah peralatan (gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain) dan menyewa tempat jika bukan menggunakan rumah Anda.

  1. Jasa desain grafis

Anda karyawan yang bekerja di bidang desain grafis atau menyukai desain grafis ? Anda bisa menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa membuat jasa desain kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

Jangan khawatir kalau di lingkungan tempat kerja Anda belum atau tidak ada konsumennya. Anda bisa memanfaatkan pasar desainer online yang ada di Indonesia, seperti Sribu.com dan Projects.co.id. Bila bisa berbahasa Inggris, Anda bisa mencoba pasar desainer internasional untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Beberapa situs luar negeri yang biasa digunakan desainer graifis Indonesia adalah 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com (dulu bernama Odesk.com).

Perihal modal, jika Anda menggunakan pasar desain online, Anda cukup punya uang untuk membayar koneksi internet saja sepanjang Anda menggunakan perangkat atau software desain yang Anda miliki. Terlebih, jika Anda rutin tiap bulan mengeluarkan dana untuk internetan, bisa dibilang jasa desain grafis online ini tanpa modal.

  1. Jasa Les Privat

Anda memiliki keterampilan dalam berbahasa atau bermusik ? Jika ya, keterampilan tersebut bisa Anda jadikan Kerja sampingan dengan mendirikan jasa les privat. Bukan hanya menghasilkan uang, les privat tersebut bisa juga mengasah keterampilan Anda sehingga Anda tidak melupakannya.

Sebagai contoh, Anda yang mahir berbahasa Inggris bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda. Anda yang pintar bermain gitar atau piano bisa membuka les privat gitar atau piano di rumah Anda.

Biaya les privat yang harus dibebankan terhadap peserta bergantung pada kondisi ekonomi di tempat Anda. Jika kondisi ekonomi masyarakat kurang, tetapkan harga kursus setengahnya dari harga di kota besar. Jika sebaliknya, tetapkan harga yang sama dengan harga les privat serupa di kota besar. Harga tersebut bisa Anda peroleh dengan mencarinya di internet atau bertanya kepada teman Anda yang berdomisili di kota besar.

Jika Anda ingin membuat les privat yang sederhana namun cukup nyaman bagi peserta, Anda cukup mengeluarkan biaya di bawah Rp 1,5 juta dengan asumsi Anda tidak menyewa tempat kursus. Modal ini untuk membeli kursi, meja, papan tulis, spidol, penghapus dan air mineral.

  1. Menjual Pakaian Murah

Menjual pakaian murah bisa Anda lakukan untuk membuat kerja sampingan. Selain sebagai kebutuhan primer manusia, pakaian juga tahan lama. Kekurangan bisnis ini adalah biasanya banyak orang yang mengutang sehingga menghambat perputaran modal dan keuntungan Anda.

Berapa modal yang harus Anda miliki untuk memulai Kerja sampingan menjual pakaian murah ? Untuk tahap awal, Anda cukup punya Rp10 juta untuk membeli sejumlah pakaian murah dari sejumlah grosir. Sebagai contoh, Dewagrosir.com menawarkan bermacam-macam pakaian murah, antara lain daster seharga Rp18 ribu, mukena bali Rp57 ribu, busana muslim Rp 25 ribu dan sarung tenun Rp28 ribu.

Untuk membandingkan harga-harga tersebut dan mencari tahu harga pakaian lain seperti baju anak, baju tidur dan kaos distro, silakan Anda kunjungi situs-situs grosir pakaian berikut :

http://deltagrosir.com

http://www.tanahabangpgmta.com

http://www.bursatanahabang.com

  1. Jasa Menjahit Pakaian

Isteri Anda pintar menjahit pakaian ? Mengapa keterampilannya tersebut tidak Anda wadahi dengan membuat jasa menjahit pakaian. Selain memaksimalkan hari isteri Anda (misalnya punya banyak waktu luang karena anak-anak sedang sekolah), Kerja sampingan ini juga relatif tidak perlu ruangan khusus. Anda bisa memanfaatkan ruang keluarga untuk memulainya. Meskipun demikian, isteri Anda sebaiknya memiliki ide-ide kreatif tentang model pakaian agar jasa menjahit Anda bisa bersaing dengan jasa menjahit yang sudah Anda.

Dari sisi modal, Anda bisa memulainya dengan uang sebesar Rp 2 juta. Uang tersebut digunakan untuk membeli mesin jahit, mesin obras dan sejumlah perlengkapan lain.

  1. Jasa Penerjemahan

Jika Anda seorang karyawan yang mahir suatu bahasa, Anda bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa penerjemahan. Kerja sampingan ini relatif tidak merepotkan karena Anda bisa lakukan sebelum atau sesudah kerja. Bahkan, jika Anda libur, Anda bisa optimal menjalankan Kerja ini.

Jasa penerjemahan bisa dibilang tanpa modal jika Anda sudah memiliki laptop, mesin cetak dan tiap bulannya rutin internetan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Google Translate jika Anda sekarang tidak punya kamus untuk melihat arti kata-kata asing yang Anda tidak ketahui.

Anda bisa membuka jasa penerjemahan ini di lingkungan tempat tinggal Anda atau bergabung di pasar online yang menyediakan jasa penerjemahan. Dua situs yang bisa Anda coba adalah Freelancer Indonesia dan Sribulancer.

  1. Jasa Pengetikan

Seperti halnya jasa penerjemahan, Anda umumnya tidak perlu modal menjalankan jasa pengetikan. Meskipun demikian, jasa pengetikan sebaiknya Anda pilih jika Anda tinggal di lingkungan sekolah atau kampus. Jamak diketahui, banyak siswa dan mahasiwa yang malas mengetik tugas atau skripsinya. Perihal tarif, Anda bisa menawarkan tarif per halaman atau jumlah kata. Sebagai contoh, Rp 2.000 untuk per halaman.

  1. Menjual Aneka Kue

Istri Anda hobi membuat aneka kue ? Hobi tersebut bisa Anda maksimalkan untuk membuka toko aneka kue. Anda bisa menjual kue basah maupun kue kering. Kue basah antara lain brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde dan kue cucur. Resep-resep aneka kue basah tersebut bisa Anda seraching di google. Sementara itu, kue kering yang bisa Anda jual antara lain walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat.

Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis sampingan aneka kue ? Tidak terlalu banyak. Anda bisa membuka toko aneka kue dengan modal Rp 10 juta selama satu bulan pertama dengan asumsi Anda tidak menyewa tempat. Rinciannya, Rp 9 juta untuk bahan baku (Rp 300 ribu x 30 hari), Rp 300 ribu untuk biaya gas, dan Rp 250 ribu untuk biaya listrik dan air.

  1. Makelar Properti

Di lingkungan tinggal Anda ada perumahan atau apartemen baru ? Jika ya, Anda bisa menjadi makelar properti tersebut dengan menawarkan ke teman-teman kerja Anda. Tentu saja, Anda harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga Anda tahu batas profit atau bonus yang akan Anda dapatkan seandainya Anda bisa menjual sebuah unit atau lebih.

Untuk menjadi makelar properti, Anda tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Modal yang Anda perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti. Selain itu, Anda mesti memiliki sedikit ilmu pemasaran agar lancar menawarkan properti ke teman-teman kerja Anda atau orang lain.

Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat Anda dalam memiliki Kerja sampingan karena banyak Kerja sampingan untuk karyawan bermodal kecil. Pilih salah satu ide Kerja sampingan di atas yang cocok dengan situasi dan kondisi Anda. Setelah itu, buat rancangan bisnisnya sehingga Anda bisa mengelolanya dengan baik, tanpa mengganggu produktivitas kerja Anda sebagai karyawan.

Itulah beberapa ide kerja sampingan untuk karyawan yang bisa dicoba.

Semoga bermanfaat.