Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan – Kita tahu bahwa Doa merupakan salah satu ibadah paling ringan yang disyariatkan untuk selalu dijalankan dalam keadaan apapun, baik senang maupun susah.  Sebagai salah satu senjata utama umat muslim yang telah mendapatkan ijabah dan inayah dari Allah dengan berbagai syarat dan tuntunan yang harus diikuti selama berdoa.  Di antara beberapa tuntunan itu, ada beberapa tata cara atau adab yang masih sering terlupakan oleh sebagaian umat muslim saat mereka berdoa.  Bahkan sering kita tidak menyadari bahwa dari tata cara sebelum berdoa inilah, doa kita akan dapat dikabulkan oleh Allah, terlebih lagi di bulan yang suci yang penuh barokah Bulan Suci Ramadhan ini.

Saat kita sedang berdoa, alangkah lebih baik bila kita bersuci terlebih dahulu, menghadap ke arah kiblat dengan mengangkat kedua belah tangan ke arah langit, kemudian berdoa dimulai dengan bacaan Hamdalah, Alhamdulillah, memuji Allah dan mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, mendahulukan taubat dan istighfar sebelum menyebutkan hajatnya, kemudian berserah diri di hadapan Allah.  Adapun Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan agar terkabul diantaranya adalah :

  1. Awali dan Akhiri Doa dengan Shalawat, hal ini berdasarkan hadits dari Ali Bin Abi Thalib radliallahu ‘anhu yang menyatakan bahwa Semua Doa itu terhalang, sampai dibacakan shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Shalawat Nabi : Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

Shalawat Nabi : Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

2. Memuji Allah dengan Nama-Nya yang Agung (Asmaul Husna), Tidak jarang kita kebanyakan berdoa kepada Allah tanpa memuji-Nya terlebih dahulu, sedangkan dari memuji-Nya terlebih dahulu, Insyaa Allah Doa kita akan cepat terangkat kepada-Nya.

 

3. Membaca Doa Dzun Nun (Nabi Yunus), sudah tak asing bagi kita terutama umat muslim kisah nabi Yunus saat Nabi Yunus ditelan ikan paus.  Saat berada di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus berdoa kepada Allah, dan Allah abadikan juga di dalam Al Qur’an dan tidak beberapa lama setelah berdoa, Nabi Yunus dikeluarkan oleh Allah dari Perut ikan paus dan bergabung dengan kaumnya kembali.

Doa Nabi Yunus Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

Doa Nabi Yunus Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

4.  Manfaatkan Waktu-waktu Doa dikabulkan,  Doa akan dapat dikabulkan bila didalamnya didasari dengan hati yang ikhlas, konsentrasi penuh terhadap apa yang diminta dan bertepatan dengan waktu dikabulkannya Doa seseorang yaitu : Sepertiga Malam yang Terakhir, Saat Adzan, Antara Adzan dan iqomat, Setelah melaksanakan Shalat Wajib, Saat Imam naik ke atas mimbar pada hari jum’at hingga selesainya shalat jum’at dan saat-saat terakhir setelah waktu Ashar.

Waktu 1/3 Malam Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

Waktu 1/3 Malam Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

5.  Jangan Tergesa-gesa dalam Berdoa.  Tak jarang, kita meminta doa kita untuk segera dikabulkan, padahal   hal seperti ini dapat mejadi salah satu penyebab doa kita terhalang untuk dikabulkan, sehingga lambat laun kita pun malas untuk berdoa dan meninggalkannya sama sekali.    Hal ini ibaratnya seseorang yang sedang menabur benih atau menanam tanaman, kemudian ia menjaga, menyiangi dan menyiraminya tiap hari.  Akan tertapi, karena terlalu lama menunggu hasilnya, orang itupun membiarkan dan mengabaikan tanaman tersebut hingga tidak terurus kembali.

Jangan tergesa-gesa Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

Jangan tergesa-gesa Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan

Dengan mengetahui beberapa tata cara atau adab berdoa yang sering kita tinggalkan dan lupakan seperti di atas, ternyata tanpa kita sadari memiliki faedah yang sangat besar bagi terkabulnya sebuah Doa yang kita panjatkan.  Oleh karena itu, di kemudian hari, diharapkan kita melaksanakan tata cara berdoa agar lebih baik dalam berdoa dan semakin tawadhu dalam beribadah, Insyaa Allah.  Demikian Tips dan Trik Berdoa di Bulan Ramadhan yang dapat admin sampaikan.  Semoga bermanfaat.