Tips Sebelum Cari Kerja Sampingan

Tips Sebelum Cari Kerja Sampingan

Cari Kerja Sampingan

Cari Kerja Sampingan

Tidak jarang di lingkungan sekitar kita, kita temui tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan pendapatan lebih dengan cara cari kerja sampingan. Rata-rata hal ini dilakukan oleh karyawan atau pegawai yang telah bekerja di satu Perusahaan atau Kantor. Kerja sampingan ini menjadi bentuk tren baru bagi masyarakat urban, khususnya di kota-kota besar yang semakin maju dengan jumlah serta tingkat keanekaragaman kebutuhan yang sangat tinggi.

Kerja sampingan dikenal juga dengan kerja separuh waktu atau freelance (pekerja lepas) bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Beragam lowongan atau tawaran pekerjaan akan datang dari bermacam-macam perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sampingan ini untuk menuntaskan beberapa pekerjaan yang menjadi beban tanggung jawab mereka.

Bermacam tipe pekerjaan pun tersedia, mulai dari videografer, arsitek, fotografer, bahkan menjadi driver transportasi layanan online pun bisa dijadikan menjadi pekerjaan sampingan. Namun, bagaimanakah cara awal memulainya ? Kemudian, tips apa saja yang dibutuhkan untuk memulai kerja sampingan ini ?

Baiklah berikut ini adalah Tips Sebelum Cari Kerja Sampingan

  1. Memperkaya pengalaman

Hampir kebanyakan pekerjaan sampingan dapat dilakukan oleh siapa saja, dan tidak sukar untuk melakukannya. Akan tetapi kebanyakan yang diperlukan adalah pengalaman dan berada dalam keadaan tertentu.

Pengalaman itu tidak diperoleh hanya dengan menjadi karyawan di suatau perusahaan besar plus gaji yang besar pula. Namun juga bisa ikut ambil bagian dalam sebuah pekerjaan-pekerjaan kecil. Bahkan di sebuah perusahaan yang tidak mempunyai nama besar sekalipun, atau dapat juga di organisasi-organisasi non-profit. Oleh karena itu temukan peluang-peluang sebanyak mungkin bahkan yang kecil sekalipun.

Pengalaman tersebut dilampirkan dalam daftar curriculum vitae atau portofolio kamu untuk untuk bisa mendapatkan pekerjaan sampingan.

  1. Keseimbangan

Ketika cari pekerjaan sampingan sangat mudah dilakukan, dan didapatkan, maka hal ini yang perlu sobat jaga adalah keseimbangan keduanya. Keseimbangan ini memipunyai makna bagaimana sobat melakukan pekerjaan yang memang benar-benar tercipta sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Misalnya, pekerjaan sampingan dapat dilakukan di sela-sela waktu jam istirahat dari pekerjaan primer yang sedang dilaksanakan. Adapun, men cari kerja sampingan dapat dilakukan saat telah berada tiba di rumah. Luangkan waktu dua atau tiga jam, dan usahakan fokus pada pekerjaan sampingan yang kamu lakukan akan dapat membantu semua tugas-tugas teratasi dengan baik.

  1. Membuat catatan kecil tentang rutinitas per hari

Jika kamu bekerja di dua tempat seperti satunya pekerjaan tetap dan satunya lagi adalah pekerjaan sampingan, jangan lupa untuk membuat catatan-catatan kecil yang amat penting untuk mengatur jadwal setiap kegiatan kerja.

Catatan kecil ini dapat ditulis dalam sebuah buku kecil atau ditulis didalam sebuah ipad atau gadget yang sobat punyai sebagai alat pengingat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara teratur.

Cara ini juga dapat membuat pekerjaan selesai tepat waktu serta tidak membuang-buang waktu kamu dengan sia-sia.

  1. Siapkan tempat yang cukup nyaman

Menurut etika pekerjaan sampingan memang dapat dilakukan dimana saja, bahkan saat sobat berada di kantor, tempat pekerjaan utama sekalipun. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyiapkan tempat atau ruangan yang nyaman.

Sebagai contoh, jika kamu memilih bekerja di rumah, siapkan ruangan atau kamar khusus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sampingan. Sementara, bila sobat bekerja di suatu tempat yang umum seperti Coffee Shop pun perlu untuk mempertimbangkan pilihan yang tepat. Carilah tempat-tempat yang teduh dan tidak terlalu berisik hingga tidak membuat fokus sobat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan sampingan bisa terselesaikan dengan baik dan cepat.

  1. Pilih spesialisasi khusus

Seperti yang sudah disebutkan di muka, bahwasannya mencari kerja sampingan itu tidak sulit amat asalkan sobat memiliki banyak keahlian. Namun, jangan lupa untuk menentukan pilihan spesialiassi yang khusus tentang bidang apa yang benar-benar sobat kuasai. Cara ini justru akan mudah membuat sobat fokus dan lebih spesifik dalam menyelesiakan pekerjaan.

Jika sobat memiliki banyak keahlian, jangan lupa untuk membuat prioritas terlebih dahulu tentang bidang apa yang benar-benar sobat kuasai. Jika sobat ingin loncat dan ingin cari kerja sampingan baru, jangan lupa lakukan secara bertahap.

Nah….. Itulah sekilas tentang Tips Sebelum Cari Kerja Sampingan. Semoga bermanfaat.