Tutorial Lengkap Menu WordPress

Tutorial Lengkap Menu WordPress – Navigasi ialah komponen kunci dari sebuah website, apakah itu terdapat pada bagian menu front-end atupun back-end dari situs Pembaca. Sebab menu dipakai oleh administrator, editor, penulis maupun pengunjung situs.

Pada postingan artikel kali ini, admin mencoba memberikan tutorial lengkap bagaimana WordPress menangani menu dan mengatur gaya dari menu itu sendiri.

WordPress dibangun dengan suatu sistem menu yang memungkinkan Pembaca untuk membuat menu kustom sesuai dengan keinginan kita. Menu-menu tersebut dapat ditampilkan di area tombol navigasi ataupun sidebar. Saat Pembaca membandingkan WordPress dengan sistem manajemen konten lainnya, WordPress tentu merupakan salah satu yang terbaik.

Di front-end, menu navigasi utama dapat menjadi menu horizontal atau menu vertikal. Kebanyakan website menggunakan menu horizontal di bagian atas situs web yang mereka buat dengan variasi menu sub tambahan ditampilkan dalam menu vertikal. Akan tetapi, beberapa situs hanya memakai menu vertikal untuk navigasi menu utama mereka.

Yuks…. kita lihat sekilas bagaimana Pembaca dapat menambahkan menu untuk website WordPress.

Pengenalan Menu WordPress

Di area admin WordPress, tampilan menu utama akan nampak di sisi kiri setiap halaman. Menu ini menuju link ke semua halaman administrasi Pembaca. Mana yang  termasuk posting, halaman, komentar, media, plugin, pengaturan, dan banyak lagi.

Opsi atau pilihan tambahan, seperti hubungan profil Pembaca dan cara cepat untuk menambahkan posting baru dan halaman, dapat ditemukan di bagian atas setiap halaman di WordPress admin bar.

Dashboard - Tutorial Lengkap Menu WordPress

Dashboard – Tutorial Lengkap Menu WordPress

Menu navigasi Front-end bisa dibuat melalui menu di admin WordPress yaitu Appearance » Menu. Di halaman menu tersebut Pembaca dapat membuat menu dengan cara menggunakan drag dan drop. Pembaca dapat membuat sebuah menu dari page, link atau jenis posting kustom lainnya.

Item menu bisa dibuat sub-menu hanya dengan menempatkan mereka di bawah menu yang lainnya hanya dengan menggeser saja. Untuk setiap item menu, Pembaca juga dapat memodifikasi label dan judul navigasi. Item menu bisa ditata dengan menetapkan kelas CSS untuk item menu.

Item Menu - Tutorial Lengkap Menu WordPress

Item Menu – Tutorial Lengkap Menu WordPress

Menu yang Pembaca buat dapat ditempatkan di daerah-daerah yang telah ditentukan dimana telah didefinisikan dalam theme WordPress Pembaca. Yang perlu Pembaca lakukan ialah memilih tempat lalu kemudian menetapkan menu tersebut diletakkan pada posisi mana di tema yang Pembaca gunakan.

Edit Menu - Tutorial Lengkap Menu WordPress

Edit Menu – Tutorial Lengkap Menu WordPress

Jika anda sudah selesai dalam pengaturan menu tersebut, anda bisa melihat hasil dari susunan menu dan peletakan pada situs anda.

Versi standar bawaan dari WordPress hadir dengan widget untuk menampilkan menu yang standar pula. Yang harus Pembaca lakukan adalah memilih widget dengan nama Custom Widget, lalu letakkan pada sidebar yang Pembaca inginkan, atau area widget yang telah tersedia untuk ditampilkan.

Main Side bar - Tutorial Lengkap Menu WordPress

Main Side bar – Tutorial Lengkap Menu WordPress

Nah…. Cukup mudah bukan Pembaca.  Demikian admin rasa artikel Tutorial Lengkap Menu WordPress,

Selamat Mencoba.  Semoga bermanfaat.